Gaji Agen BRILink (Resiko & Kelebihan)

Share
Comment 0 reply
Gaji Agen BRILink (Resiko & Kelebihan)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah agen BRILink bukan? Ya, karena agen-agen BRI sudah hadir di seluruh Indonesia. Hal ini dikarenakan program BRILink dengan gaji agen BRILink berupa kemitraan yang bertujuan untuk memperluas jangkauannya.

Keberadaan program ini sangat dibutuhkan masyarakat kecil dan terpencil yang sulit dijangkau oleh perbankan. Dengan program ini, masyarakat dapat dengan mudah melakukan transaksi keuangan tanpa harus langsung ke bank.

Program ini adalah pilihan bisnis yang baik bagi mereka yang ingin memulai bisnis dengan profit yang cukup menjanjikan. Ada banyak keuntungan yang akan didapatkan saat menjadi agen BRILink.

Jika gaji agen BRILink bertambah kemungkinan juga dapat melebihi gaji pegawai BRI sendiri. Jadi, berapa gaji agen BRILink? Jika Anda penasaran untuk mengetahui informasinya lebih lanjut, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Agen BRILink?

Apa Itu Agen BRILink

Bagi masyarakat saat ini dengan beragam keperluan online, transaksi keuangan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Namun di banyak daerah masih sedikit kantor cabang bank.

Oleh karena itu kehadiran agen BRILink dapat membantu masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan. Mengutip dari website resmi BRI, agen BRILink merupakan perpanjangan tangan dimana BRI bekerjasama dengan nasabah.

Dimana agen dapat melakukan transaksi perbankan untuk masyarakat secara online dan real time dengan konsep cost sharing untuk gaji agen BRILink tersebut. Sehingga nasabah bisa terbantu untuk melakukan transaksi dengan lebih mudah dan cepat.

Melalui agen BRILink nasabah BRI dan masyarakat dapat memperoleh layanan yang sama seperti di unit kerja BRI. Fungsi utama yang dilayani oleh agen BRILink misalnya transfer, setor, tarik tunai, token PLN, pembayaran online dan lainnya.

Gaji Agen BRILink

Berapa gaji agen BRILink? Jika ditanya mengenai gaji tentunya gaji agen BRILink setiap bulannya akan berbeda-beda. Itu tergantung pada jumlah kesepakatan yang diperoleh oleh masing-masing dealer.

Semakin banyak transaksi semakin tinggi pendapatan atau gaji agen BRILink. Agen BRILink membantu perputaran dan mengedarkan dana senilai Rp 843,2 triliun antara Januari hingga Desemer 2020.

Ini membuktikan bahwa menjadi agen BRI dapat menawarkan peluang keuntungan yang besar dalam bisnis. Penghasilan atau gaji agen BRILink yang didapat dalam sebulan bisa mencapai Rp9.000.000 – Rp12.000.000.

Ini sangat mungkin jika dalam sebulan Anda bisa mendapatkan sekitar 3.000 transaksi. Sederhananya jika dalam sehari Anda bisa mendapatkan Rp 150.000 maka dalam sebulan Anda akan mendapatkan gaji agen BRILink sebesar Rp4.500.000.

Gaji yang Anda terima kemungkinan besar akan melebihi gaji staf BRI itu sendiri. Namun kegigihan dan fokus tentunya dibutuhkan dalam menjalankan bisnis apapun termasuk sebagai reseller BRILink.

Resiko Menjadi Agen BRILink

Resiko Menjadi Agen BRILink

Reseller BRILink mendapatkan keuntungan dari biaya pengelolaan BRILink dan biaya share yang dikumpulkan pada setiap transaksi. Keuntungan terbesar berasal dari layanan tarik tunai, transfer uang dan setoran tunai.

Namun layanan ini membawa risiko yang lebih besar, terutama setoran tunai. Petugas dengan gaji agen BRILink harus lebih berhati-hati dengan peredaran uang palsu. Berikut penjelasan risiko masing-masing agen BRILink.

1. Uang Palsu

Setoran tunai, pembelian kartu listrik, pulsa atau layanan brilink lainnya yang menggunakan uang tunai sangat rentan terhadap pemalsuan. Untuk itu dealer BRILink wajib memiliki alat pendeteksi uang palsu untuk mengantisipasi kerugian.

2. Denda Jika Target Transaksi Agen BRILink tidak Terpenuhi

Target transaksi agen BRILink minimal 200 transaksi per bulan. Jika setelah 7 bulan pertama agen tidak mencapai target maka akan dikenakan denda sebesar Rp1.000 dikalikan dengan kekurangan transaksi.

3. Pengaduan Nasabah

Menjadi reseller dengan gaji agen BRILink harus kuat dalam menangani pengaduan. Tidak semua transaksi berjalan lancar. Seperti pada poin sebelumnya jika transaksi gagal tentunya Anda akan menerima komplain pelanggan.

Baca: Gaji Karyawan PT Paragon

Keuntungan Menjadi Agen BRILink

Keuntungan Menjadi Agen BRILink

Anda yang ingin memulai bisnis bisa mencoba menjadi agen BRI. Ada beberapa keuntungan yang didapat dari affiliate program ini yaitu:

1. Cost Sharing Komisi Dengan Bank BRI

Cost atau komisi bagi hasil antara BRI dengan agen BRI adalah 50:50. Komisi ini diperoleh dari bonus untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh klien dengan nilai yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Reward tiap transaksi dengan gaji agen BRILink berbeda-beda seperti transfer ke BRI lain senilai Rp 600, transfer dari bank berbeda senilai Rp 3.500, dan lain-lain. Walaupun jumlahnya relatif kecil namun jika diakumulasikan dalam sebulan akan sangat bagus.

2. Komisi Nasabah Langsung

Agen BRI sebagai penyedia transaksi kepada masyarakat berhak menerima komisi langsung dari nasabahnya. Komisi diperoleh dari kurs setiap transaksi yang dilakukan oleh klien untuk beragam kebutuhan.

Sedangkan rate ditentukan oleh agen itu sendiri selalu disesuaikan dengan agen BRI terdekat lainnya. Biasanya biaya yang dikenakan kepada nasabah BRILink adalah Rp 5.000 per transaksi kembali disesuaikan dengan kebijakan masing-masing agen.

3. Dapatkan Bantuan Menjalankan Bisnis Anda

Bagi Anda yang memutuskan untuk menjadi Agen BRILink Anda akan mendapatkan dukungan BRI. Anda juga berkesempatan untuk berbagi pelatihan dengan lebih dari 2.000 tenaga pembina di seluruh Indonesia dengan gaji agen BRILink.

4. Dapatkan Asuransi Keagenan

Tidak hanya dari nominal gaji BRILink yang akan Anda terima. Sebagai agen BRI Anda juga akan mendapatkan manfaat berupa asuransi apabila terjadi kecelakaan atau kebakaran di tempat kerja Anda.

5. Branding BRI

Dengan menjadi agen BRI Anda tidak perlu terlalu memaksakan diri untuk berpromosi. Karena BRI memiliki brand image yang baik dan sangat dekat dengan masyarakat.

Cara Menjadi Agen BRILink

Cara Menjadi Agen BRILink

Beberapa keuntungan di atas bisa Anda dapatkan hanya dengan merogoh kocek Rp 3.000.000 untuk mendaftar program dan mendapatkan mesin EDC BRI. Selama ini besaran modalnya disesuaikan dengan budget dan gaji agen BRILink Anda.

Saldo harus disiapkan untuk memenuhi persyaratan perdagangan klien dan cukup untuk melakukan setiap transaksi. Sebagai seorang wirausahawan tentunya harus siap dengan segala tantangan dan resiko yang mungkin muncul.

Dalam hal ini Anda harus dapat memenuhi target yang ditetapkan oleh BRI yaitu minimal 200 transaksi per bulan. Akibatnya BRI akan membebankan biaya penalti jika Anda tidak dapat memenuhi tujuan yang Anda tetapkan.

Untuk dapat menjadi salah satu bagian dengan gaji agen BRILink, terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Adapun syarat menjadi Agen BRILink yang baik dan benar serta sesuai dengan prosedur yang berlaku antara lain adalah sebagai berikut:

  1. WNI Perorangan dan instansi non berbadan hukum
  2. Telah aktif mengelola usaha minimal 2 tahun
  3. Memiliki kartu tabungan di BANK BRI dengan setoran deposit Rp. 3.000.000 (khusus EDC saja) dan saldo dibekukan karena menjadi agen
  4. Memiliki sertifikat niaga (minimal dari perangkat desa)
  5. Belum menjadi agen Bank penyelenggara Laku Pandai

Sekian ulasan mengenai gaji agen BRILink berikut resiko dan kelebihan yang mungkin perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat sebagai tambahan informasi menarik untuk memulai usaha baru yang menguntungkan.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.
Tinggalkan Balasan