Cara Gabung, Tugas, dan Daftar Gaji Bina BNI 2022

Share
Comment 0 reply
Cara Gabung, Tugas, dan Daftar Gaji Bina BNI 2022

Sebagai salah satu bank BUMN, BNI memberikan kesempatan bagi lulusan baru yang ingin menambah pengalaman dalam dunia perbankan melalui program magang Bina BNI. Bagi Anda yang tertarik pasti penasaran dengan besaran gaji Bina BNI yang ditawarkan oleh Bank BNI.

Meskipun istilahnya magang, namun Anda tidak perlu khawatir karena benefit yang akan diterima cukup menjanjikan. Tidak heran jika banyak lulusan baru yang tertarik untuk mengikuti program ini. Jika Anda tertarik, maka ulasan berikut ini akan sangat bermanfaat untuk Anda.

Apa itu Bina BNI?

Apa itu Bina BNI?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Bina BNI merupakan program magang atau kontrak bagi para lulusan baru, baik lulusan SMA, diploma maupun sarjana. Program pembekalan ini disiapkan bagi fresh graduate yang belum pernah memasuki dunia kerja.

Melalui program ini para lulusan baru akan diberikan pelatihan dan juga uang saku. Dengan begitu maka peserta magang bukan hanya mendapatkan pengalaman di dunia kerja saja tetapi juga gaji dengan nominal yang cukup menggiurkan.

Gaji Bina BNI

Gaji Bina BNI

Meskipun program yang disediakan merupakan program magang, namun Bank BNI tetap memberikan gaji yang cukup tinggi. Sebagai gambaran, rata-rata gaji Bina BNI adalah sebesar Rp3.500.000 – Rp4.500.000. Meski begitu tetap disesuaikan wilayah penempatan serta kinerja karyawan magang.

Gaji tersebut akan semakin besar dengan adanya tambahan berupa tunjangan-tunjangan yang diberikan kepada karyawan magang. Dan setelah lulus program magang dan diterima menjadi karyawan Bank BNI, maka gaji yang diterima akan lebih tinggi dari sebelumnya.

Tunjangan Bina BNI

Tunjangan Bina BNI

Tunjangan bagi karyawan magang sendiri tidak berbeda jauh dengan pegawai tetap sehingga nominal gaji yang diterima akan semakin tinggi. Adapun rinciannya total gaji Bina BNI dan tunjangannya adalah seperti berikut:

  1. Gaji pokok dengan besaran yang lebih tinggi jika dibandingkan UMP dan UMK  masing-masing daerah.
  2. Tunjangan kinerja.
  3. Tunjangan penampilan untuk Teller dan Customer Service.
  4. Bonus layanan dan bonus tahunan.
  5. Insentif makan per hari.
  6. Bonus dan keuntungan pada program Bina BNI posisi Teller.
  7. Tunjangan Hari Raya.
  8. BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

Tugas Bina BNI

Dengan besaran gaji Bina BNI, tambahan bonus dan tunjangan yang cukup beragam, mungkin Anda juga ingin mengetahui apa sebenarnya tugas Bina BNI? Perlu diketahui bahwa program magang ini hanya terbuka untuk posisi Teller, Staff Administrasi atau Back Office dan Customer Service.

Dengan demikian maka tugas yang harus dilakukan sesuai posisi karyawan magang Bina BNI. Untuk penjelasan lengkapnya adalah seperti berikut:

1. Tugas Teller

Tugas Teller

Secara umum Teller Bank bisa diartikan sebagai petugas bank yang berhadapan secara langsung dengan nasabah, terutama dalam melayani rekening tabungan maupun penarikan. Adapun tugasnya antara lain adalah:

  • Melayani nasabah yang ingin melakukan penyetoran uang, penarikan, maupun transfer.
  • Melakukan pengecekan kas dan transaksi harian menggunakan mesin penghitung, komputer atau kalkulator.
  • Menerima uang tunai dan cek untuk keperluan deposito.
  • Memasukkan data transaksi nasabah dan mengeluarkan tanda terima.

2. Tugas Staf Administrasi

Tugas Staf Administrasi

Sebagai Staf Administrasi Bank, tugas utamanya adalah mengelola dokumen yang diperlukan untuk mendukung operasional kantor. Oleh karena itu dibutuhkan tenaga profesional yang memahami pengelolaan dokumen. Adapun tugasnya antara lain adalah:

  • Menyediakan fasilitas administrasi perkantoran, termasuk kegiatan surat menyurat dan input data.
  • Mengurus laporan pemasaran atau hasil penjualan dari semua produk bank.
  • Membuat perkiraan anggaran yang berkaitan dengan aktivitas administrasi kantor.

3. Tugas Customer Service

Tugas Customer Service

Sesuai dengan namanya, Customer Service memiliki tugas utama dalam memberikan pelayanan kepada nasabah bank. Adapun tugas dari Customer Service antara lain adalah:

  • Membangun relasi yang baik dengan nasabah.
  • Sebagai penerima tamu dan komunikator.
  • Mengelola administrasi atau entri data ke sistem komputer.
  • Memberikan informasi kepada nasabah dan menganalisis informasi dari nasabah.

Berapa Lama Kontrak Bina BNI?

Berapa Lama Kontrak Bina BNI?

Program magang Bina BNI yang disediakan bagi lulusan baru dari tingkat SMA, diploma dan sarjana ini biasanya memberlakukan kontrak kerja selama maksimal 3 tahun. Meskipun statusnya adalah karyawan magang dengan sistem kontrak, namun Anda akan tetap mendapatkan fasilitas beragam.

Selain gaji Bina BNI, tunjangan dan bonus, Anda juga akan mendapatkan sertifikat sesuai posisi yang ditempati. Sebagai gambaran, untuk posisi Teller Bank, Anda akan mendapatkan sertifikat Teller yang bisa digunakan untuk melamar kerja di bank lain atau untuk keperluan promosi jabatan.

Baca: Gaji Pegawai Bank BNI

Cara Bergabung dengan Bina BNI

Cara Bergabung dengan Bina BNI

Dengan gaji program Bina BNI yang cukup tinggi, siapapun akan tertarik untuk mengikuti program magang ini. Jika Anda merupakan salah satunya, maka ada beberapa tahap  seleksi yang harus diikuti seperti berikut ini:

1. Seleksi Administrasi Bank BNI

Pada tahap ini Anda wajib memahami kualifikasi yang dibutuhkan serta persyaratan administrasi yang harus dilampirkan. Seperti CV terbaru, SKCK yang masih aktif, Ijazah dan transkrip nilai serta foto berwarna dan foto seluruh badan.

Untuk kualifikasinya adalah seperti berikut:

  • Pria dan wanita dengan usia maksimal 25 tahun.
  • Pendidikan minimal SMA/SMK atau sederajat, D3 dan S1.
  • Bersedia tidak menikah selama kontrak 3 tahun.

Jika semua syarat dan kualifikasi sudah terpenuhi maka bisa langsung mengirimkan file ke situs resmi BNI.

2. Tahap Wawancara Awal Bina BNI

Bagi Anda yang memenuhi kualifikasi akan ada pemberitahuan dari BNI via email untuk melakukan tes tahap pertama, yaitu wawancara awal. Semua berkas yang dibutuhkan bisa dimasukkan amplop coklat dan nantinya kandidat akan diukur tinggi badannya dan wawancara.

3. Wawancara User

Pada tahap ini Anda akan diwawancarai oleh dua orang manager atau supervisor Bank BNI. Beberapa pertanyaan yang diajukan biasanya seputar diri Anda dan pengalaman atau aktivitas organisasi. Serta alasan Anda tertarik bekerja di Bank BNI, dan apakah ada keluarga di BNI.

4. Psikotes Bina BNI

Pada tahap ini Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik agar hasilnya maksimal. Beberapa tes yang diberikan antara lain adalah Tes Kraeplin,Tes Wartegg, Tes Verbal, Tes EPPS hingga uji logika dan penalaran.

5. Wawancara Psikologi Bina BNI

Wawancara pada tahap ini akan dilakukan oleh seorang Psikolog. Dalam hal ini pertanyaan yang diberikan akan berhubungan dengan hasil psikotes sebelumnya. Sehingga Anda harus menjawab dengan jujur sesuai jawaban sebelumnya.

6. Wawancara User Tahap 2

Pada tahap ini Anda akan diminta untuk mengisi formulir berupa data pribadi, gaji yang diinginkan, penempatan kerja, riwayat penyakit, pendidikan dasar hingga saat ini, anggota keluarga, motivasi kerja dan lain-lain.

7. Tes Kesehatan Bina BNI

Setidaknya 1 – 2 minggu kemudian Anda akan mendapatkan pemberitahuan terkait pemeriksaan kesehatan atau MCU. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kesehatan agar hasil pemeriksaan bagus.

8. Pengajuan dan Penandatanganan Kontrak Kerja Bina BNI

Jika Anda dinyatakan lolos, maka tahap selanjutnya adalah penandatanganan kontrak. Anda akan diminta membawa sejumlah berkas yang secara detail akan diberitahukan melalui email. Selanjutnya akan ada pelatihan atau OJT selama 14 hari sebelum Anda siap bekerja.

Bagaimana, apakah Anda semakin tertarik untuk mengikuti program magang dari BNI? Dengan gaji Bina BNI yang cukup tinggi, kesempatan ini tidak boleh disia-siakan. Kalau Anda memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan bisa segera mendaftarkan diri dan mengikuti tahap seleksi yang telah ditentukan.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.
Tinggalkan Balasan