Fantastis, Inilah Gaji Dokter Spesialis Anak 2022

Profesi sebagai dokter spesialis anak memiliki peran dan tanggung jawab khusus dalam menjalani pekerjaannya sebagai dokter. Walaupun relatif banyak tugas-tugasnya tapi gaji dokter spesialis anak 2022 cukup menggiurkan sehingga terbilang sebanding dengan kerja kerasnya.

Berbicara masalah gaji menjadi seorang dokter memang selalu jadi pembahasan menarik bagi yang sedang menempuh pendidikan spesialis dokter anak. Tapi ada banyak hal yang perlu dipahami oleh seorang dokter spesialis anak. Tidak hanya dari faktor perbedaan gajinya tetapi meliputi perannya juga.

Sekilas Tentang Dokter Anak

Gaji Dokter Spesialis Anak

Dokter spesialis anak merupakan dokter yang kerjanya berfokus pada kesehatan mental, fisik serta emosional anak. Usia anak yang dimaksud yaitu 0-18 tahun.

Dikatakan berfokus artinya tidak sekedar memeriksa saja tetapi melakukan berbagai prosedur untuk memberikan penanganan yang tepat untuk segala gangguan kesehatan anak. Sebagaimana gelarnya dokter spesialis anak akan siap memberikan tindakan dalam upaya mencegah penyakit pada bayi, anak dan remaja tanpa gejala penyakit.

Pencegahan penyakit yang dimaksud meliputi akut bahkan kronis. Bahkan, dengan gaji dokter spesialis anak yang didapatkan tugasnya tidak hanya melakukan pengantisipasian penyakit saja tetapi mendiagnosa serta mengevaluasi terkait pertumbuhan dan perkembangan anak.

Peran dan Tanggung Jawab Dokter Anak

Seorang dokter spesialis anak memiliki peran dan tanggung jawab yang cukup kompleks seperti gambarannya pada sekilas ulasan tentang dokter anak. Tapi di bawah ini penjabarannya akan lebih rinci lagi terkait peran dan tanggung jawab seorang dokter anak tersebut. Apa saja? Ini rincian lengkapnya:

1. Melakukan Pemeriksaan pada Anak yang Sakit

Peran dokter spesialis anak adalah memeriksa atau mengecek keadaan anak yang sakit. Modal untuk memeriksa kondisi anak tersebut juga dimulai dengan mengumpulkan banyak informasi mengenai gejala-gejalanya.

Melalui pengetahuan terkait gejala yang dialami anak yang sakit akan mengetahui kondisi gangguan kesehatan anak. Oleh sebab itu, dokter spesialis anak harus memiliki kompetensi ini untuk mengemban tanggung jawabnya.

2. Membuat Diagnosis

Seorang dokter spesialis anak juga mengemban tugas untuk mendiagnosa penyakit anak berdasarkan data medis yang sudah dikumpulkan. Selain itu, juga mendiagnosis berdasarkan riwayat medis.

3. Memeriksa Kondisi Bayi Secara Teratur dan Menyeluruh

Tanggung jawab berikutnya dari seorang dokter spesialis anak yaitu memeriksa kondisi bayi secara keseluruhan. Pemeriksaan ini juga dilakukan secara teratur mulai dari bayi berumur 0 atau baru lahir sampai beranjak menjadi anak-anak.

Adanya tugas ini bagi seorang dokter spesialis anak yaitu agar bisa memantau kesehatan bayi selalu dalam kondisi yang diharapkan atau tidak. Tidak berhenti di situ tujuan pemeriksaan ini untuk mengetahui perkembangan fisik bayi secara normal. Tentu saja tugasnya yang kompleks ini sudah sesuai dengan gaji dokter spesialis anak yang lumayan tinggi.

4. Memberi Vaksin

Dokter spesialis anak juga memiliki peran dan tanggung jawab sebagai pemberi vaksin pada anak usia 0 atau masih bayi, balita sampai menjadi anak-anak. Pemberian vaksin ini tentu untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak dan pencegahan dari berbagai jenis penyakit yang tidak diinginkan.

5. Membuatkan Resep Obat

Tugas dari dokter spesialis anak juga meliputi pembuatan resep obat. Mestinya pembuatan resepnya berdasarkan penyakit yang dialami oleh anak. Tujuannya, agar anak mendapatkan penanganan yang tepat dan segera sembuh.

6. Merujuk Anak ke Dokter Lain

Apabila dokter spesialis anak kewalahan untuk menangani kondisi gangguan kesehatan anak, dokter spesialis anak memiliki tanggungjawab untuk merujuk anak ke dokter lain.

Tentu saja tidak sembarang dokter tapi dokter dengan disiplin ilmu yang dibutuhkan. Keputusannya juga sesuai dengan keperluan dalam penanganan kondisi kesehatan anak.

7. Mengedukasi Orang Tua

Edukasi kepada orang tua terkait kesehatan anak juga menjadi peran dan tanggung jawab seorang dokter spesialis anak. Misalnya dengan memberi dampak dari beberapa jenis olahraga, maupun tentang program diet dan pengaruhnya pada anak.

Tidak hanya edukasi meliputi hal itu saja tapi edukasi tentang tindakan pencegahan penyakit yang dilakukan oleh orang tua dan dampaknya pada kesehatan anak. Tujuannya tentu untuk menjaga kesehatan anak yang sedang ditanganinya.

Besaran Gaji Dokter Spesialis Anak 2022

Dibalik berbagai peran dan tanggung jawab dokter spesialis anak yang kompleks, ternyata dokter anak memiliki besaran gaji yang lumayan tinggi. Bisa dikatakan cukup sebanding dengan kerja kerasnya sebagai dokter. Berapa saja besaran gaji dari dokter spesialis anak? Di bawah ini daftar besaran gajinya:

KeteranganGaji Rata-rata per Bulan
Dokter spesialis anak yang kerja di Rumah Sakit Umum.Rp20.000.000 – Rp30.000.000
Dokter spesialis anak yang kerja di rumah sakit swastaRp15.000.000 – Rp25.000.000
Dokter kandungan di rumah sakitRp75.000.000 – Rp100.000.000
Dokter spesialis anak seniorRp50.000.000 – Rp75.000.000

Dari data gaji dokter anak di atas besarannya cukup fantastis bukan? Tentu saja Ini sangat menarik bagi yang sedang proses mendapatkan gelar dokter atau sedang kuliah kedokteran spesialis anak. Gajinya yang lumayan tinggi ini menarik sekali untuk diperjuangkan.

Penyebab Gaji Dokter Spesialis Anak Berbeda-beda

Berbicara masalah gaji dokter spesialis anak, pasti Anda menanyakan mengapa besaranya berbeda-beda? Tentu saja ada beberapa faktor yang mempengaruhi masalah nominal gaji dari dokter anak tersebut. Dibawah ini rincian faktor penyebab perbedaan besaran gaji dari seorang dokter anak:

1. Faktor Pendidikan

Faktor pertama yang menyebabkan nominal besaran gaji dokter anak adalah pendidikan. Diketahui bahwa sebelum dilantik, calon dokter anak melewati proses pendidikan yang lama dan biayanya tergolong mahal. Semakin tinggi pendidikan dokter maka mempengaruhinya besaran gaji yang akan didapatkannya.

2. Faktor Jam Terbang

Dokter spesialis anak memiliki jam terbang yang berbeda-beda sehingga mempengaruhi besaran gajinya ketika bekerja. Jam terbang dokter anak senior berbeda dengan jam terbangnya dokter anak senior.

Pertimbangannya semakin padat jam terbang dokter spesialis anak maka gajinya akan lebih fantastis. Selain karena jam terbang juga apabila membuka praktik, besaran tarik antara dokter senior dan junior tentu akan berbeda juga.

3. Faktor Lokasi

Faktor penyebab nominal gaji dokter spesialis anak yang terakhir adalah lokasi dokter spesialis anak bekerja. Sesuai dengan tabel besaran gaji yang ada di atas sudah cukup jelas perbedaannya sesuai dengan tempat dokter tersebut bekerja.

Bahkan tingkatannya tidak hanya diukur dari tempat kerja seperti klinik, Rumah Sakit maupun Puskesmas. Tetapi lokasi bekerja tergolong perkotaan atau bukan juga menjadi faktor penyebab besaran gaji dokter anak berbeda-beda.

Baca: Gaji Karyawan PT PKSS

Kesimpulan

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa dokter spesialis anak merupakan dokter yang mempunyai peran dan tanggung jawab untuk menangani masalah kesehatan anak. Dengan gelar Sp.A yang didapatkan dokter spesialis anak memiliki tugas cukup kompleks yang perlu di pertanggungjawabkan.

Tanggung jawabnya tersebut yaitu dari mencegah penyakit anak sampai menanganinya dan berbagai prosedur pemeriksaan yang menuntut keprofesionalannya sebagai dokter spesialis anak. Dari pekerjaan kompleksnya ini, tentu sangat layak mendapatkan besaran gaji dokter spesialis anak 2022  yang cukup fantastis.

Photo of author

Bara Mukti

Seorang HRD di salah satu perusahaan besar di Indonesia yang sudah berkarir selama belasan tahun.