Daftar Gaji Karyawan SPBU Pertamina 2022

Share
Comment 0 reply
Daftar Gaji Karyawan SPBU Pertamina 2022

Pertamina menjadi BUMN yang mengutamakan proses pengelolaan, pengolahan, dan distribusi bahan bakar minyak dan gas di Indonesia. Oleh sebab itu, gaji karyawan SPBU pun tak jarang menjadi topik yang hangat dibicarakan di kalangan pencari kerja.

BUMN ini juga mempunyai anak usaha yang bervariasi, termasuk Pertamina Retail melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), tempat menjual bahan bakar eceran untuk dibeli oleh masyarakat. Dalam tulisan ini, Anda dapat melihat rincian gaji para pekerjanya.

Gaji Karyawan SPBU di Berbagai Posisi

Gaji Karyawan SPBU di Berbagai Posisi

Berikut ini akan dibahas mengenai kisaran gaji untuk berbagai posisi serta beberapa job description beberapa posisi di SPBU secara umum dan ringkas. Pada tabel ini, tertera estimasi besar gaji tiap posisi yang menjadi pekerja di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

NoJabatanGaji per Bulan
1ManagerRp22.500.000
2Assistant ManagerRp10.000.000
3SupervisorRp8.600.000
4KoordinatorRp8.000.000
5Senior StaffRp6.000.000
6Senior Losses and Control StaffRp6.000.000
7Technical StaffRp6.000.000
8Legal OfficerRp6.000.000
9StaffRp4.500.000
10AccountingRp4.200.000
11Treasury StaffRp4.000.000
12Junior Staff/ Account StaffRp4.000.000
13Administration StaffRp4.000.000
14Business StaffRp4.000.000
15Information Technology App DevelopmentRp4.000.000
16Operational AdministrationRp2.500.000
17AdminRp2.500.000
18Sales AttendantRp2.400.000
19OperatorRp2.300.000
20InternRp1.900.000
21PramuniagaRp1.500.000
22Human Resource Development InternRp1.500.000

Contoh Slip Gaji karyawan SPBU

Berikut ini adalah salah satu contoh slip gaji dari karyawan SPBU.

contoh slip gaji karyawan spbu

Pada gambar, komponen-komponen yang ada ialah penghasilan yang terdiri dari gaji pokok, tunjangan jabatan, tunjangan harian, tunjangan konsumsi, serta lembur. Sementara potongannya ialah biaya BPJS.

Bonus, Tunjangan, dan Sistem Gaji SPBU

Bonus Tunjangan dan Sistem Gaji SPBU

Selain gaji pokok, Anda akan mendapatkan tunjangan sebagai karyawan SPBU, yaitu sebagai berikut.

  • Gaji pokok rata-rata;
  • Tunjangan insentif;
  • Bonus penjualan;
  • Tunjangan lembur.

Baca: Gaji Karyawan PT Krakatau Steel

Cara Melamar Pekerjaan di SPBU

Cara Melamar Pekerjaan di SPBU

Usai melihat rincian gaji karyawan SPBU beserta rincian tugas dari beberapa posisi yang ada, tentunya Anda perlu juga mengetahui bagaimana cara melamar pekerjaan di salah satu anak perusahaan BUMN ini. Kualifikasi yang diperlukan berbeda, dan dapat Anda perhatikan melalui poin-poin berikut ini.

1. Persyaratan Calon Karyawan Lulusan SMA/SMK

Berkas-berkas ini ialah dokumen yang harus Anda cantumkan.

  • Surat lamaran pekerjaan;
  • Fotocopy ijazah SMA (jurusan IPA) dan SMK, terkhusus lulusan jurusan teknik mesin, teknik kimia, teknik elektro, teknik sipil, instrumen, dan teknik listrik;
  • Pas foto 3×4, sebanyak 2 lembar;
  • Fotocopy SKHUN dengan nilai rata-rata minimal 6,00;
  • Fotocopy KTP;
  • Daftar riwayat hidup;
  • Surat keterangan sehat dari Rumah Sakit atau Puskesmas;
  • SKCK dari kepolisian;
  • Anda harus siap ditempatkan di berbagai wilayah kerja operasional perusahaan.

2. Persyaratan Calon Karyawan Secara Umum

Berkas-berkas ini ialah dokumen yang harus Anda cantumkan.

  • Surat lamaran pekerjaan;
  • Fotocopy ijazah D3/S1/S2;
  • Transkrip nilai untuk jurusan tertentu, misalnya manajemen, teknik mesin, teknik elektro, dan sebagainya;
  • Fotocopy KTP;
  • SKCK;
  • Surat kesehatan;
  • Sertifikat TOEFL;
  • Pas foto 3×4, sebanyak 2 lembar;
  • Anda harus siap ditempatkan di berbagai wilayah kerja operasional perusahaan.

3. Cara Mendaftar

Tahap pertama ialah memeriksa langsung ke SPBU terkait mengenai posisi apa yang tersedia. Setelah itu, langkah selanjutnya ialah sebagai berikut.

  • Siapkan berkas yang diperlukan seperti pada poin-poin di atas.
  • Kirim langsung seluruh dokumen ke alamat SPBU yang hendak Anda tuju.

Bila ingin mengikuti proses rekrutmen secara online, maka berkas-berkas tersebut dapat dilampirkan dengan cara foto atau scan.

  • Anda dapat mengakses situs SPBU yang hendak dituju atau disnakerja.com
  • Gunakan fitur pencarian untuk menemukan posisi spesifik sebagai karyawan SPBU.
  • Klik perusahaan tujuan Anda.
  • Perhatikan rincian perusahaan dan posisi yang tersedia.
  • Upload berkas-berkas yang diminta, termasuk piagam penghargaan, sertifikat seminar, sertifikat pelatihan atau kompetensi, dan lain sebagainya.
  • Ikuti petunjuk berikutnya hingga tahap akhir registrasi.
  • Tunggu hingga ada informasi mengenai status lamaran Anda melalui situs atau kotak masuk di email Anda.

4. Beberapa Posisi yang Tersedia

Melangkah lebih lanjut dari gaji petugas SPBU Pertamina, berikut ini poin-poin mengenai beberapa posisi pekerja di SPBU beserta tugas-tugas yang mesti diemban sebagai pegawai.

Technical Staff

Staf teknis bertugas melakukan pemeriksaan, perawatan, serta perbaikan bagi alat-alat yang ada di SPBU. Posisi ini diwajibkan untuk bersedia kapan saja sebab kerusakan bisa terjadi tanpa mengenal waktu, perbaikan pun harus dilaksanakan sesegera mungkin.

Legal Officer

Tugasnya ialah mengurus keperluan-keperluan hukum yang diperlukan di SPBU. Karena itu, posisi legal akan bekerja dalam badan usaha pada bagian membela SPBU saat pertikaian atau permasalahan sedang berlangsung di meja hijau.

Accounting

Bagian ini bertugas mencatat transaksi yang terjadi setiap hari, menghitung uang masuk (hasil penjualan), membuat invoicepembelian dan penjualan, serta memastikan semua kegiatan transaksi berlangsung dengan baik. Musim audit diharuskan bekerja ekstra, sebab laporan dan bukti ada pada akuntan.

Administration Staff

Tugasnya berhubungan dengan hal-hal administrasi di dalam SPBU. Staff administrasi akan bertugas dalam kegiatan surat-menyurat, arsip, dokumentasi, penyediaan layanan administrasi kantor, serta membuat evaluasi dan rencana kerja dengan rutin.

Operational Administration

Tugas utamanya ialah melaksanakan aktivitas administrasi untuk keperluan operasional SPBU, termasuk intern, pramuniaga, serta karyawan operator. Posisi ini ada untuk mempermudah pekerjaan admin dan administration staff agar proses surat-menyurat berlangsung lebih efisien.

Admin

Posisi ini bertugas dalam aktivitas surat-menyurat, menyapa klien juga menanggapi keluhan dan permintaan, mengelola buku harian, serta berurusan dengan input data perusahaan. Ia juga bertugas membuat agenda kantor dan pemesanan ATK.

Sales Attendant

Posisi ini bertugas dalam pelayanan pembeli saat datang dengan memberi rekomendasi produk Pertamina. Seorang sales attendant sebaiknya mempunyai skill berkomunikasi yang baik dan diharapkan paham mengenai produk agar pembeli puas terhadap pelayanan dan produk yang ditawarkan,

Operator

Pihak ini akan bertemu langsung dengan pembeli. Operator harus melayani pembeli dengan baik, ramah, dan sopan. Ia juga wajib menjaga kebersihan lingkungan dan alat-alat yang digunakan. Posisi ini juga bertugas merawat seluruh fasilitas SPBU setiap harinya.

Pramuniaga

Posisi ini umumnya diambil oleh karyawan yang ada di tahap pelatihan sebelum menjadi seorang Operator. Tugasnya tidak jauh berbeda dengan operator, yakni melayani pembeli yang hendak mengisi BBM serta menjaga kebersihan lingkungan dan alat-alat yang ada di SPBU.

Kesimpulan

Seperti itulah kisaran gaji karyawan SPBU di berbagai cabang yang ada di wilayah-wilayah Indonesia. Bila Anda tertarik untuk bekerja di sini, perlu Anda ketahui bahwa perusahaan ini butuh tenaga kerja yang lebih banyak dari lulusan SMA.

Mengenai pemaparan gaji karyawan di atas, maka sudah saatnya Anda mempersiapkan diri sejak dini. Lihat dan tentukan posisi yang hendak Anda lamar, kemudian segera persiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.
Tinggalkan Balasan