Syarat, Tugas, dan Daftar Gaji Magang BRI 2022

Share
Comment 0 reply
Syarat, Tugas, dan Daftar Gaji Magang BRI 2022

Bagi fresh graduate alias lulusan baru biasanya akan cukup kesulitan mendapatkan pekerjaan karena belum memiliki pengalaman kerja sama sekali. Hal inilah yang mendorong beberapa orang untuk mengikuti program magang bakti BRI. Nah, lalu berapakah gaji magang BRI?

Meski statusnya hanya magang (internship), besaran gaji yang ditawarkan BRI terbilang lumayan tinggi apalagi ditambah dengan insentif lainnya. Untuk mengetahui program magang di BRI, manfaat, dan besaran gajinya, berikut ulasan selengkapnya.

Sekilas Tentang Program Magang BRI

Sekilas Tentang Program Magang BRI

Sebagai salah satu bank tertua yang ada di Indonesia, Bank Rakyat Indonesia selalu konsisten memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama dalam segmen usaha UMKM. Selain itu, BRI juga menggelar program magang yang disebut dengan PMMB.

PMMB atau Program Magang Mahasiswa Bersertifikat merupakan program yang sudah dilakukan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk. sejak tahun 2018. Program ini merupakan salah satu bentuk dukungan yang diberikan BRI untuk meningkatkan kapasitas SDM di Indonesia.

Program magang BRI ini bertujuan untuk menciptakan generasi yang unggul, kompeten, dan memiliki daya saing global. Untuk bisa mengikuti program magang BRI, peserta harus berstatus mahasiswa D2 hingga S2 dengan IPK minimal 2.75 dan bersedia melaksanakan magang selama minimal 6 bulan.

Syarat yang dibutuhkan untuk mengikuti program magang BRI antara lain lulus seleksi PT (perguruan tinggi), menandatangani pakta integritas dari PT, melampirkan CV, SKCK, transkrip nilai, dan sudah memperoleh rekomendasi dari PT.

Untuk mendaftarkan diri sebagai calon peserta magang BRI, mahasiswa bisa mendaftar ke Bidang Kemahasiswaan Perguruan Tinggi yang bermitra dengan PMMB atau bisa juga ke Unit Career Center. Informasi mengenai PMMB BRI juga bisa diakses melalui https://pmmb.fhcibumn.com/.

Gaji Magang BRI

Gaji Magang BRI

Berbicara mengenai gaji magang BRI tentunya ada perbedaan besaran tergantung posisi pekerjaan dan jenjang pendidikan. Meski begitu, selisih besaran gaji yang diperoleh di masing-masing posisi tidak jauh berbeda karena statusnya masih internship (magang).

Besaran gaji magang di BRI posisi teller berada pada kisaran 1,5 juta hingga 1,7 juta per bulan dan belum termasuk uang lembur dan tunjangan lainnya. Gaji yang diterima juga sudah bebas pajak dan asuransi karena kedua pos pengeluaran tersebut sudah menjadi tanggungan perusahaan.

Meski begitu, besaran gaji pegawai BRI di luar program magang terbilang menjanjikan. Berikut ini kami susun kisaran gaji pegawai BRI dari berbagai posisi/jabatan.

JabatanRata Rata Gaji per Bulan
TellerRp3.000.000
Bank Operations OfficerRp3.100.000
Trade Finance ClerkRp3.350.000
Collection/Debt Recovery OfficerRp3.500.000
Assistant OfficerRp4.000.000
Trade Finance OfficerRp4.000.000
Customer Service OfficerRp4.500.000
Personal Financial ConsultantRp5.750.000
Personal BankerRp5.750.000
Assistant ManagerRp14.000.000
Senior AnalystRp16.500.000
ManagerRp26.000.000
DirectorRp50.000.000

Manfaat Mengikuti Magang BRI

Tidak hanya mengincar gajinya saja, peserta magang juga akan mendapatkan pengalaman berharga dan sejumlah keuntungan lainnya. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari program magang BRI.

1. Pengalaman Kerja yang Berharga

Pengalaman Kerja yang Berharga

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, pengalaman kerja sangat bermanfaat dalam membangun karier di masa mendatang. Dengan mengikuti program magang BRI, Anda akan mendapatkan pengalaman yang berharga apalagi BRI menjadi salah satu bank terbaik di Indonesia.

Nantinya, pengalaman tersebut bisa dijadikan sebagai bekal dalam menjalani tanggung jawab pekerjaan di jenjang selanjutnya.

Dengan mengikuti program magang, Anda juga akan memperoleh pelatihan kerja yang bersifat internal dan dapat berinteraksi langsung dengan rekan kerja dan nasabah. Pengalaman inilah yang berguna untuk meningkatkan soft skill dan hard skill yang dibutuhkan oleh setiap pekerja.

Pengalaman baik dan buruk tentunya akan menuntun Anda menjadi pribadi yang lebih baik karena hal tersebut akan membuat Anda banyak belajar. Dengan banyaknya pengalaman yang diperoleh, maka bukan hal mustahil lagi karier Anda akan melesat lebih cepat terutama di dunia perbankan.

2. Memperoleh Sertifikat

Memperoleh Sertifikat

Keuntungan lainnya yang bisa Anda peroleh dari mengikuti program magang BRI yaitu memperoleh sertifikat pelatihan kerja. Pelatihan kerja ini biasanya diadakan setiap tahunnya dan dibagi menjadi 3 macam yaitu pelatihan dasar, pelatihan keterampilan, dan pelatihan kemahiran.

Ketiga pelatihan kerja ini biasanya dilakukan berdasarkan masa bakti para peserta magang BRI. Dari pelatihan kerja ini, Anda akan memperoleh banyak ilmu yang berguna untuk dunia pekerjaan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun alias gratis.

Tidak hanya itu saja, peserta magang yang mengikuti pelatihan kerja juga akan mendapatkan beberapa fasilitas penunjang seperti biaya penginapan, biaya transportasi, dan biaya makan atau konsumsi. Hal yang paling penting yaitu peserta akan mendapatkan sertifikat magang.

Sertifikat magang berguna sebagai bukti dedikasi pekerjaan. Sertifikat magang dan pelatihan kerja bisa menjadi bekal untuk melanjutkan ke jenjang karier yang lebih tinggi. Dengan begitu, Anda tentunya bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi juga, kan?

3. Memperluas Relasi

Agenbrilink.net

Selain berorientasi pada gaji magang BRI yang cukup menjanjikan, program magang BRI juga bisa dijadikan sebagai ajang untuk memperluas relasi atau jaringan. Selama menjalani masa bakti, para peserta magang pasti akan berhadapan dengan orang-orang baru melalui interaksi pekerjaan.

Dengan begitu, relasi dan jaringan akan semakin terbuka lebar. Jaringan atau networking ini mempunyai peranan yang sangat penting untuk mengembangkan potensi diri di masa mendatang baik dalam menjalankan karir maupun bisnis.

4. Tunjangan Kerja Menjanjikan

Tunjangan Kerja Menjanjikan

Keuntungan selanjutnya yang bisa didapatkan dari program magang BRI yaitu bisa memperoleh tunjangan kerja. Jadi, Anda tidak hanya memperoleh pengalaman dan sertifikat saja, namun bisa mendapatkan pundi-pundi penghasilan yang cukup menjanjikan.

Tunjangan yang didapatkan dari program magang BRI antara lain tunjangan hari raya, tunjangan akhir tahun, dan tunjangan risiko selisih. Selain itu, peserta magang BRI juga berkesempatan untuk memperoleh bonus lainnya seperti beasiswa berupa uang tunai hingga belasan juta rupiah.

Baca: Gaji Magang Bakti BCA

Berapa Lama Kontrak Magang BRI?

Berapa Lama Kontrak Magang BRI

Setelah mengetahui besaran gaji magang BRI dan pegawai berdasarkan posisi atau jabatan, Anda mungkin bertanya-tanya mengenai lama kontrak magang di BRI, kan? Durasi atau lamanya magang di Bank BRI minimal 6 bulan.

Selama masa kontrak tersebut, peserta magang BRI akan mendapatkan beberapa fasilitas menarik seperti uang saku bulanan, sertifikat kerja, dan Asuransi Mikro-Kecelakaan, Kesehatan, dan meninggal dunia (AM-KKM) dari BRI.

Tidak hanya itu saja, para peserta magang juga akan mendapatkan tunjangan kerja seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya dan berkesempatan untuk mengikuti seleksi masuk menjadi pegawai BRI.

Syarat Magang BRI

Syarat Magang BRI

Dengan besaran gaji magang BRI yang cukup menjanjikan, Anda mungkin mulai tertarik untuk mengikuti program magang di BRI. Nah, berikut ini beberapa persyaratan dan langkah-langkah mendaftarkan diri menjadi peserta magang BRI secara online.

  • Langkah pertama, siapkan dokumen persyaratan seperti CV, KTP, KTM (Kartu Tanda Mahasiswa), dan dokumen pendukung lainnya.
  • Selanjutnya, buka website e-recruitment.bri.co.id, kemudian pilih opsi Internship.
  • Isi formulir dan lengkapi semua persyaratan dokumen yang dibutuhkan.
  • Tunggu hingga permohonan internship disetujui pihak BRI melalui email dan ikuti program tes yang diminta oleh pihak BRI.

Dari ulasan di atas, Anda tentunya sudah makin paham dengan program magang BRI, kan? Karena besaran gaji magang BRI yang cukup menjanjikan, banyak mahasiswa dan lulusan baru yang tertarik untuk mengikuti program magang dari BRI.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.
Tinggalkan Balasan