Daftar Gaji Pegawai Bank Bukopin Semua Jabatan 2023

Meniti karir sebagai pegawai di salah satu perusahaan perbankan entah itu yang berlatar BUMN ataupun swasta seperti Bukopin tentu menjadi incaran banyak orang. Hal ini tak lain karena gaji pegawai Bank Bukopin sangat besar dan masih banyak tunjangan serta bonus yang bisa didapatkan.

Gajinya bahkan lebih dari UMR atau Upah Minimum Regional dan berlaku untuk semua jabatan. Jika Anda tertarik untuk bergabung menjadi salah satu pegawai di Bank ini, maka bisa simak artikel yang membahas mengenai Bank Bukopin mulai dari profil hingga cara melamar kerjanya berikut ini.

Profil Bank Bukopin

Profil Bank Bukopin

Pada awal mulanya, Bank Bukopin mempunyai nama asli Bank Umum Koperasi Indonesia. Nama tersebut digunakan selama hampir 19 tahun, yaitu mulai tanggal 10 Juli 1970 sampai dengan 1 Juli 1989. 4 tahun kemudian, status Bukopin berubah menjadi PT Bank Bukopin, Tbk.

Sejak berdiri pertama kali, Bank Bukopin hanya fokus pada sektor UMKM. Seiring berjalannya waktu kemudian mengalami peningkatan, hingga Bukopin telah membuat perusahaannya makin berkembang hingga akhirnya menjadi sebuah bank yang bergerak dalam sektor komersial dan konsumen.

Bank Bukopin sebenarnya mempunyai dua anak perusahaan, yakni PT Bank Syariah Bukopin yang bergerak dalam pelayanan perbankan syariah dan PT Bank Bukopin Finance yang bergerak dalam pembiayaan sewa guna.

Sama halnya dengan bank-bank ternama lainnya, kantor pusat Bank Bukopin berada di Jakarta Pusat. Sementara itu, kantor cabangnya berjumlah sekitar 425 lebih yang menyebar di seluruh wilayah di Indonesia.

Hal tersebut tentu menjadi bukti yang menandakan bahwa eksistensi Bank Bukopin sudah semakin maju. Maka tak heran, jika sekarang ini gaji pegawai Bank Bukopin hampir menyaingi gaji pegawai bank BUMN.

Gaji Karyawan Bank Bukopin di Berbagai Posisi

Gaji Karyawan Bank Bukopin di Berbagai Posisi

Sebagai salah satu perusahaan besar di Indonesia, Bukopin sudah pasti memiliki banyak pegawai sesuai dengan posisi atau jabatan masing-masing. Maka dari itu, gajinya tentu tidak sama karena tergantung dari jabatan yang di duduki.

Semakin tingginya jabatan karyawan, tentu gaji yang diberikan oleh Bank Bukopin akan semakin besar. Namun yang pasti, gaji yang diberikan sudah disesuaikan dengan tanggung jawab yang diberikan. Berikut ini adalah daftar gaji pegawai Bank Bukopin terbaru 2022:

PosisiGaji Pokok
Internal Audit StaffRp3.500.000
Marketing StaffRp3.500.000
Back OfficeRp3.900.000
MIS and Data AnalystRp3.900.000
FrontlinerRp4.000.000
Customer ServiceRp4.000.000
Administration WarehouseRp4.350.000
Officer Development ProgramRp4.900.000
Relationship OfficerRp5.100.000
Call CenterRp5.500.000
Frontliner SeniorRp5.500.000
AdministratorRp5.900.000
TellerRp5.950.000
Operational SupervisorRp6.000.000
Management TraineeRp6.000.000
Marketing SupervisorRp6.200.000
Staff AkuntingRp7.000.000
Information Technology App DevelopmentRp7.000.000
Customer Service OfficerRp7.100.000
Support StaffRp7.300.000
Credit AnalystRp8.000.000
Senior OfficerRp9.950.000
Senior Relationship ManagerRp10.500.000
Analyst and HR RelatedRp12.000.000
Team LeaderRp13.000.000
Sales OfficerRp15.500.000
Branch Manager SMERp18.950.000
Assitant ManagerRp20.000.000
Branch Operation ManagerRp20.900.000
Junior Vice PresidentRp25.500.000
Assistant Manager Corporate CommunicationRp35.500.000
Vice PresidentRp40.600.000
DirekturRp50.000.000
Senior Vice PresidentRp90.500.000
Managing DirectorRp100.000.000

Note: Kisaran gaji dari Bank Bukopin kemungkinan memiliki perbedaan. Hal ini karena tergantung dari daerah, prestasi karyawan, dan masa jabatan karyawan.

Contoh Slip Gaji Pegawai Bank Bukopin

Seperti yang diketahui bahwa Bank Bukopin menjadi salah satu bank ternama di Indonesia yang menawarkan beragam pelayanan terbaik. Bank ini bahkan selalu memberikan gaji yang tepat waktu untuk seluruh karyawannya.

Saat pemberian gaji, Bank Bukopin akan melengkapinya dengan slip gaji secara lebih rinci yang meliputi gaji pokok, tunjangan, pengurangan dan lain sebagainya. Jika penasaran mengenai gambaran slip gaji pegawai Bank Bukopin, silahkan perhatikan gambar berikut ini:

Contoh Slip Gaji Pegawai Bank Bukopin

Bonus, Tunjangan, dan Sistem Gaji Bank Bukopin

Hal yang paling berpengaruh terhadap gaji pegawai Bank Bukopin adalah bonus dan tunjangan yang didapatkan. Semua pegawai di dalamnya tentu akan mendapatkannya, baik pegawai tetap ataupun pegawai yang masih terikat dengan kontrak.

Khusus untuk bonus, ada dua macam bonus yang akan didapatkan, yaitu bonus setiap bulan dan tahunan. Bonus bulanan baru bisa didapatkan jika karyawan mempunyai performa kerja yang bagus dan mampu mencapai tujuan atau target di bulan itu.

Besarannya sangat bervariasi dan antar karyawan memang berbeda. Sedangkan untuk tunjangannya terbagi menjadi 3 macam, yaitu tunjangan kesehatan, hari raya dan akhir tahun. Berikut adalah detail tunjangan beserta sistemnya:

1. Tunjangan Kesehatan

Tunjangan Kesehatan

Saat bekerja di bank ini, semua karyawan akan diberikan tunjangan kesehatan yang berupa BPJS Ketenagakerjaan. Tunjangan kesehatan ini ternyata tidak hanya diberikan untuk karyawan itu sendiri, tapi juga beserta istri dan anaknya.

2. Tunjangan Hari Raya

Tunjangan Hari Raya

Sesuai namanya, tunjangan ini biasanya akan diberikan ketika mendekati hari raya. Namun hanya diberikan untuk karyawan yang sudah memiliki masa kerja sekitar 1 tahun. Besaran yang didapatkan biasanya mencapai satu hingga dua kali gaji primer.

3. Tunjangan Akhir Tahun

Tunjangan Akhir Tahun

Saat memasuki akhir tahun, karyawan juga akan diberikan THT atau Tunjangan Akhir Tahun dalam jumlah tertentu.

Cara Melamar Pekerjaan di Bank Bukopin

Cara Melamar Pekerjaan di Bank Bukopin

Cara melamar menjadi karyawan Bank Bukopin sebenarnya tidak terlalu sulit, bahkan juga tak mengenal background pengajaran. Meskipun jurusan yang Anda ambil tak ada hubungannya dengan ekonomi ataupun perbankan, maka jangan putus harapan karena semuanya diperbolehkan melamar.

Sebelum melamar, tentu harus menyiapkan beberapa persyaratan penting. Berikut ini adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi dan berlaku untuk semua divisi:

  • Pendidikan minimal S1 dari semua jurusan.
  • Indeks hasil kumulatif paling rendah adalah 2.75 dan 3.00 untuk jabatan spesifik.
  • Batas maksimal dari calon pegawai adalah 24 tahun.
  • Lajang atau belum menikah.
  • Sehat rohani maupun jasmani.
  • Siap bekerja di bawah tekanan.
  • Mampu melakukan negosiasi dengan baik.
  • Siap bekerja secara individu ataupun tim.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
  • Memiliki minat terhadap wirausaha.
  • Pengalaman organisasi (diutamakan).

Jika sekiranya sudah memenuhi beberapa persyaratan tersebut, maka bisa langsung mendaftarkan diri ke Bank Bukopin terdekat jika ada lowongan. Saat melakukan pendaftaran, pastinya Anda tidak akan langsung diterima begitu saja. Hal ini karena banyak tes yang perlu diikuti selama beberapa waktu.

Tahapan-tahapan tes yang diberikan cukup panjang dan menggunakan mekanisme gugur. Adapun urutannya adalah sebagai berikut:

  • Tahap ujian kelengkapan sekaligus kesesuaian dokumen
  • Tahap ujian khusus yang tergantung dari posisi atau jabatan yang dilamar
  • Tes psikologi
  • Interview secara langsung dengan pihak HRD
  • Wawancara mengenai softskill sekaligus hard skill oleh user
  • Tes kesehatan

Setelah tes kesehatan, maka bisa dipastikan bahwa Anda sudah berhasil menjadi pegawai Bank Bukopin. Jarang sekali ada peserta yang gagal ataupun gugur dalam tahap training. Jika sudah mengikuti tahapan dan arahan dengan baik, tentu bisa lolos dengan mudah.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan bisa diketahui bahwa Bank Bukopin merupakan salah satu perusahaan sektor Perbankan. Gaji pegawai Bank Bukopin hampir semuanya menjanjikan dan tak kalah dengan bank-bank lainnya. Tunjangan, bonus ataupun insentif yang bisa didapatkan juga cukup banyak.

Gaji Pegawai Bank Lainnya:

Photo of author

Bara Mukti

Seorang HRD di salah satu perusahaan besar di Indonesia yang sudah berkarir selama belasan tahun.