Daftar Gaji Pramugari Kereta Api Terbaru 2022

Share
Comment 0 reply
Daftar Gaji Pramugari Kereta Api Terbaru 2022

Menjadi seorang pramugari merupakan pekerjaan impian beberapa orang, termasuk pramugari kereta api. Namun, tahukah Anda sebetulnya seberapa besar gaji pramugari kereta api yang mereka terima tiap bulannya?

Para pramugara dan pramugari ini bekerja di kereta eksekutif, bisnis, dan ekonomi. Sebagai pekerja, maka mereka akan memperoleh pendapatan, tunjangan, serta jenjang karir yang jelas. Mereka juga dapat berwisata sembari bekerja serta memperoleh tunjangan kesehatan.

Gaji Pramugari Kereta Api

Gaji Pramugari Kereta Api

Setiap bulannya, pramugari kereta api memperoleh gaji diatas jumlah upah minimum. Mereka akan memperoleh gaji pokok dan tunjangan dengan total mencapai Rp7.000.000. Sementara itu, gaji pokok pramugari umumnya Rp4.000.000 tiap bulan berdasarkan penempatan.

Penghasilan para pramugara dan pramugari ini dapat bertambah dan meningkat berdasarkan jam terbang dan pengalaman yang mereka miliki. Mereka yang sudah di kalangan senior dan junior dapat memperoleh nilai gaji dengan nominal berbeda-beda.

Di samping itu, besar gaji ditentukan pula oleh jenis atau kelas kereta apinya, seperti bisnis, eksekutif, atau ekonomi. Tentu, mereka yang bergelut di kereta eksekutif akan memperoleh gaji lebih besar daripada mereka yang bekerja di kereta kelas ekonomi.

Baca lebih: Gaji Pegawai KAI

Contoh Slip Gaji Pramugari Kereta Api

Berikut ini ialah contoh slip gaji karyawan yang mengemban pekerjaan sebagai pramugari kereta api.

Contoh Slip Gaji Pramugari Kereta Api

Dapat dilihat bahwa rincian gaji pramugari kereta api per bulan pembayaran terbagi menjadi dua kolom, di mana di sebelah kiri ialah pendapatan atau pemasukan, sementara di sebelah kiri ialah beberapa pemotongan yang akan diselisihkan nantinya.

Bonus, Tunjangan, dan Sistem Gaji Pramugari Kereta Api

Bonus, Tunjangan, dan Sistem Gaji Pramugari Kereta Api

Selain gaji pramugari transportasi kereta api berbentuk gaji pokok, pramugari juga akan memperoleh tunjangan kinerja sebesar Rp3.000.000. Ada pula insentif khusus biaya perawatan atau make up dengan besar Rp1.500.000 hingga Rp2.000.000.

Baca: Gaji Karyawan SPBU

Cara Melamar Pekerjaan di Pramugari Kereta Api

Cara Melamar Pekerjaan di Pramugari Kereta Api

Setelah mengetahui seluk-beluk besaran gaji pramugari kereta api, maka ini saatnya Anda juga menggali informasi mengenai bagaimana agar bisa bekerja sebagai pramugari kereta api. Penjelasannya dapat disimak sebagai berikut.

1. Tugas Pramugari Kereta Api

Setelah memahami dan mengetahui nominal seputar gaji karyawan kereta api, sebelum melamar menjadi seorang pramugari atau pramugara di salah satu transportasi jarak jauh ini, Anda perlu pula mengetahui bagaimana menjadi seorang pramugari yang baik.

Pertama, pramugari wajib berpenampilan menarik dan komunikatif. Anda juga harus cakap dalam bahasa Inggris dan mempunyai postur tubuh yang tinggi. Tugas utamanya ialah melayani penumpang, maka pelayanan harus diberikan dengan maksimal.

a. Alur Tugas Pramugari Kereta Api

Tidak jauh berbeda dengan pramugari pesawat, satu jam sebelum keberangkatan, pramugara dan pramugari sudah harus berada di stasiun untuk menghitung barang yang akan dijual di restorasi. Peralatan dicek semua untuk memastikan semua berfungsi dengan baik.

Peralatan itu dapat berupa microwave, chiller, dan boiler. Ketika boarding, pramugari harus menunggu penumpang boarding di peron keberangkatan. Mereka akan bertugas mengarahkan penumpang ke gerbong serta tempat duduk.

Usai boarding, pramugara dan pramugari meneruskan apel dinas dengan kondektur, polsuska, teknisi kereta api, serta tim On Trip Cleaning (OTP). Prami Senior (Senior Train Attendant) bertugas memimpin doa dan pelaksanaan briefing.

Ketika kereta api sudah berjalan, para pramugari akan mengumumkan daftar menu yang ada di restoran. Ketika masa pandemi seperti ini, maka setiap pramugari yang bertugas diwajibkan menerapkan protokol kesehatan dengan tertib.

b. Rincian Tugas Pramugari Kereta Api

Beberapa tugas pramugari kereta api secara lebih rinci adalah sebagai berikut.

  • Menawarkan layanan penjualan makanan dan minuman di dalam kereta;
  • Menjaga kebersihan di gerbong kereta dan area kereta makan;
  • Memberi layanan sewa demi rasa nyaman penumpang dalam perjalanan di kelas eksekutif;
  • Mengawasi boarding tiap penumpang kereta jarak jauh.

2. Syarat Jadi Pramugari Kereta Api

Setelahnya, untuk menjadi seorang pramugari, terdapat sekolah khusus pramugari dengan seleksi yang cukup tetap. Setelah lulus SMA/SMK, Anda dapat mendaftar ke sana. Sementara itu, syarat-syarat untuk menjadi seorang pramugari adalah sebagai berikut.

  • Minimal pendidikan SMA/SMK, dengan nilai UN rata-rata 6,00);
  • Tinggi badan wanita minimal 1,6 m;
  • Tinggi badan pria minimal 1,7 m;
  • Berpenampilan menarik;
  • Tidak buta warna;
  • Dapat berbahasa Inggris secara aktif;
  • Tidak memakai kacamata;
  • Siap ditempatkan di wilayah-wilayah kerja;
  • Gigi rapi, tidak memakai behel;
  • Fisik dan mental kuat

Selain kualifikasi tersebut di atas, pramugari juga memerlukan berkas-berkas administrasi ketika mendaftar. Dokumen-dokumen yang dibutuhkan ialah sebagai berikut.

  • Surat lamaran kerja;
  • Fotocopy KTP;
  • Fotocopy ijazah;
  • Fotocopy Kartu Keluarga;
  • Surat Keterangan Sehat;
  • dan surat-surat penting lainnya.

Terdapat lembaga-lembaga kursus dan sekolah-sekolah yang melaksanakan seleksi serta pelatihan bagi calon pramugara dan pramugari. Usai mengenyam pendidikan, nantinya Anda akan memperoleh sertifikat keahlian dan pelatihan dari sekolah, kemudian dipakai untuk bekerja di kemudian hari.

3. Proses Seleksi dan Tes Pramugari Kereta Api

  • Seleksi akan dilaksanakan melalui beberapa tahap. Saat melamar nanti, Anda perlu memperhatikan tahap-tahap berikut ini.
  • Lakukan pendaftaran secara online di situs resmi https://recruitment.kai.id/lowongan atau di laman karier PT Reska Multi Usaha di https://karir.reska.id/index.php/karir.
  • Lengkapi seluruh keperluan atau berkas administrasi.
  • Berkas lamaran akan diverifikasi, maka Anda harus pastikan seluruh dokumen sudah lengkap dan sesuai.
  • Setelah lulus screening berkas, Anda akan melalui tes yang disebut performance test.
  • Para calon pramugari akan dinilai lewat penampilan; tinggi badan, berat badan ideal, ketiadaan tato, kacamata, dan cacat fisik lainnya.
  • Tahap akhir ialah wawancara, psikotes, dan pantukhir.

Jika Anda berhasil melewati seluruh rangkaian seleksi, maka Anda diwajibkan mengikuti pelatihan militer demi tumbuhnya kedisiplinan. Ada juga pelatihan lain agar kontrak selama menjadi pramugari berjalan dengan lancar.

4. Informasi Lowongan Pramugari Kereta Api

Disebutkan bahwa beberapa perseroan tidak secara berkala membuka lowongan kerja sebagai pramugara dan pramugari kereta api. Maka, Anda harus berhati-hati dengan lowongan kerja palsu. Pastikan alamat email yang masuk menggunakan alamat resmi perusahaan.

Anda juga wajib untuk jeli setiap memperhatikan informasi lowongan kerja dan melakukan re-check jika menerima panggilan wawancara melalui pesan singkat atau SMS. Intinya, Anda perlu mencari tahu lowongan kerja yang resmi, yakni yang tertulis pada situs web resmi perusahaan pula.

Kesimpulan

Menjadi seorang pramugari wajib memiliki fisik dan mental yang kuat, sebab jam terbang mereka pun harus tinggi pula. Hal itu sebanding dengan besar gaji pramugari kereta api yang harus dibekali pengetahuan dalam mengevakuasi penumpang dan pemadaman api saat terjadi kondisi darurat.

Bekerja sebagai pramugari kereta api berarti melayani penumpang, termasuk menawarkan makanan dan minuman ke seluruh penumpang di gerbong. Karenanya, gaji pramugari kereta api menjadi hal menarik untuk dipertimbangkan sebelum Anda mulai melamar sebagai pekerja di sana.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.
Tinggalkan Balasan