Sistem Gaji Shopee Food 2022: Skema, Tips, Insentif

Share
Comment 0 reply
Sistem Gaji Shopee Food 2022: Skema, Tips, Insentif

Shopee adalah salah satu platform pasar digital yang banyak diunduh masyarakat Indonesia pada tahun 2020. Tidak hanya fokus di marketplace, kini Shopee meluncurkan fitur Shopee Food. Anda yang sedang mencari pekerjaan, ada baiknya mencari tahu besaran gaji Shopee Food sebelum melamar pekerjaan.

Anda yang ingin mengetahui seluk beluk mengenai Shopee Food dan bergabung bersama Shopee Food perlu mengetahui tentang sistem kerja dan berapa gaji karyawan Shopee Food per bulan, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Apa itu Shopee Food

Apa itu Shopee Food

Resmi dirilis sejak April 2021, Shopee Food adalah fitur terbaru dari aplikasi Shopee Indonesia yang memberikan layanan pesan antar pada menu makan yang tersedia dari berbagai merchant yang terdaftar di Shopee.

Keberadaan Shopee Food dapat menjadi angin segar bagi dunia kerja Indonesia. Shopee Food membuka peluang bagi usia produktif warga Indonesia untuk bergabung sebagai mitra driver Shopee Food Indonesia.

Cara Kerja Shopee Food

Cara Kerja Shopee Food

Hampir sama dengan aplikasi pesan antar makanan online yang lain, Shopee Food juga menyediakan fitur pilihan merchant dimana tersedia informasi yang lengkap mengenai pilihan menu yang tersedia berikut harganya, fitur pemesanan dan pembayaran, serta informasi driver pengantar makanan.

Konsumen mengaktifkan titik lokasi pengantaran makanan, kemudian memilih merchant lalu memesan menu makanan yang tersedia di merchant dan memasukkan jumlah makanan yang diinginkan ke dalam keranjang, selanjutnya melakukan check out dan pembayaran melalui Shopee Pay atau bayar di tempat.

Keuntungan Shopee Food

Keuntungan Shopee Food

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda raih dengan bergabung menjadi mitra driver Shopee Food, diantaranya adalah:

  1. Mendapatkan penghasilan dari sistem bagi hasil dan nilai bonus insentif yang transparan. Setelah semua orderan terselesaikan, mitra driver dapat mengetahui gaji Shopee Food berdasarkan biaya pengantaran dan besaran bonus insentif yang didapat.
  2. Peningkatan pemasukan harian, mingguan maupun bulanan dari insentif dan bonus order pesanan yang diselesaikan.
  3. Jam kerja yang fleksibel, Anda dapat mengatur waktu operasional Anda sendiri.
  4. Mendapatkan Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) resmi untuk mitra driver Shopee Food di wilayah Jabodetabek.
  5. Setiap mitra driver Shopee Food yang sedang beraktivitas melalui aplikasi Shopee Food secara otomatis mendapat perlindungan dari asuransi sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Asuransi ini gratis dan tanpa biaya.
  6. Penarikan dana yang mudah dan estimasi waktu proses penarikan dana yang cepat untuk bank-bank tertentu.

Sistem Gaji Shopee Food

Sistem Gaji Shopee Food

Sistem gaji yang diterima oleh mitra driver adalah sistem bagi hasil dan bonus insentif dari order yang diselesaikan di hari tersebut. Mitra driver mendapat pendapatan dari biaya pengantaran pesanan makanan atau minuman kepada konsumen.

Sebagai contoh, 1 hari mitra driver mendapat pesanan sebanyak 7 kali. Pesanan 1 sampai 3 kali mendapat rata-rata biaya pengantaran sebesar Rp10.000, pesanan 4 sampai 7 dengan rata-rata biaya pengantaran Rp12.000. Berikut perhitungan penghasilan mitra driver dari biaya pengantaran:

Pesanan 1 sampai 3 yaitu Rp10.000 x 3 = Rp30.000. Pesanan 4 sampai 7 yaitu Rp12.000 x 4 = Rp48.000. Sehingga total pendapatan yang didapat mitra driver dari biaya pengantaran pesanan dalam 1 hari adalah Rp30.000 + Rp48.000 = Rp78.000.

Besaran biaya pengantaran ditentukan dari jarak tempuh merchant (restoran) ke lokasi tujuan pengantaran. Semakin jauh jarak yang ditempuh, semakin besar biaya pengantaran, maka semakin besar pendapatan yang diterima oleh mitra driver.

Semakin banyak pesanan yang diterima dan diselesaikan dalam 1 hari, semakin besar peluang mendapatkan pendapatan yang lebih besar dalam 1 hari. Anda dapat mengkalkulasi pendapatan 1 bulan dari rata-rata pendapatan 1 hari.

Baca juga: Gaji Karyawan Shopee Semua Jabatan

Skema Insentif Driver Shopee Food

Skema Insentif Driver Shopee Food

Selain pendapatan dari biaya pengantaran pesanan makanan dan minuman, mitra driver juga berhak mendapatkan insentif dari poin pesanan yang diselesaikan.

Berikut ketentuan perhitungan insentif yang akan didapatkan mitra driver:

  • Mitra driver yang menyelesaikan 1 pesanan akan mendapatkan 100 poin.
  • Pesanan yang selesai dari pukul 12.00-13.00, akan mendapatkan insentif tambahan sebesar 50 poin.
  • Mitra driver harus menyelesaikan minimal 75% dari pesanan, agar insentif dapat dibayarkan.
  • Rating mitra driver harus ada setelah 50 pesanan terakhir
  • Skema insentif digunakan untuk mengumpulkan poin mendapatkan insentif tambahan dalam 1 hari.
  • Bonus insentif akan diterima dan dibayarkan di hari berikutnya melalui dompet digital.
  • Setelah bonus insentif masuk, mitra driver dapat langsung menariknya masuk ke dalam akunnya.

Perkiraan jumlah poin berikut bonus insentif yang akan didapatkan mitra driver adalah sebagai berikut:

  • Jumlah poin 300, mitra driver akan mendapatkan bonus insentif sebesar Rp15.000
  • Jumlah poin 500, mendapatkan bonus insentif sebesar Rp20.000
  • Jumlah poin 800, mendapatkan bonus insentif sebesar Rp30.000
  • Jumlah poin 1000, mendapatkan bonus insentif sebesar Rp50.000

Batas maksimum poin untuk tambahan gaji mitra driver dari bonus insentif adalah 1000 poin. Bila Anda mendapatkan poin lebih dari 1000, misal 1200 poin, Anda tetap mendapatkan bonus insentif sebesar Rp. 50.000, namun Anda tetap mendapatkan penghasilan dari biaya pengantaran makanan.

Melihat Insentif Harian Shopee Food Driver

Melihat Insentif Harian Shopee Food Driver

Setelah mengetahui besar biaya pengantaran orderan dan bonus insentif yang akan didapat, selanjutnya Anda dapat melihat dan mengecek insentif harian dari aplikasi Shopee tanpa harus menghitung secara manual. Berikut langkah-langkah melihat dan mengecek insentif harian Anda:

  • Buka aplikasi Shopee Food Driver. Anda dapat melihat performa akun pada pojok kanan atas.
  • Pilih menu profil kemudian pilih menu insentif.
  • Pada halaman insentif, Anda akan melihat beberapa tampilan informasi hari ini, yang lalu dan akan datang seperti:

Rating 50 pesanan terakhir dan performa akun penyelesaian harian

Kategori bonus keseluruhan yang diperoleh selama 1 hari

Waktu yang tersedia untuk Anda agar bisa mencapai bonus insentif

Proses pencapaian pesanan guna mendapat bonus insentif tersebut

Jika ingin melihat capaian total bonus harian, Anda bisa klik pada baris waktu yang tersedia. Pada halaman tersebut Anda juga bisa melihat kriteria kualifikasi sebelum pergantian hari yang harus Anda penuhi agar mendapatkan bonus insentif.

Kriteria kualifikasi penting untuk Anda penuhi agar bonus insentif Anda bisa cair sebelum pergantian hari. Anda dapat mengecek bonus insentif yang sudah Anda capai maupun target insentif yang akan Anda capai melalui aplikasi Shopee Food Driver.

Baca: Gaji Karyawan Lazada

Perkiraan Gaji Shopee Food Driver

Perkiraan Gaji Shopee Food Driver

Berdasarkan perhitungan biaya pengantaran makanan dan bonus insentif yang didapat, dapat diperkirakan mitra driver akan mendapatkan gaji harian kurang lebih sebesar Rp100.000-Rp200.000 per hari. Besaran ini tidak menentu karena ditentukan dengan banyak sedikitnya orderan yang masuk.

Gaji harian yang Anda dapatkan sebagai mitra driver Shopee Food dapat langsung Anda tarik dari aplikasi Shopee Food driver Anda ke dompet digital Anda.

Tips Meningkatkan Insentif Gaji Shopee Food Driver

Tips Meningkatkan Insentif Gaji Shopee Food Driver

Bonus insentif menjadi penyemangat untuk Anda untuk mendapatkan gaji tambahan diluar gaji utama. Mendapatkan insentif tertinggi dapat menjadi tujuan Anda untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan insentif driver Shopee Food:

  • Mengaktifkan fitur pesanan otomatis pada aplikasi Shopee Food Driver
  • Menerima pesanan pada pukul 12.00-13.00 untuk mendapatkan bonus poin sebesar 50 poin
  • Selalu cek dompet driver Anda, jangan sampai kosong, agar Anda mudah menerima pesanan
  • Mencari restoran dengan banyak peminat atau yang sedang mengadakan diskon
  • Tidak mudah putus asa, selalu semangat dan disiplin menjalankan tips diatas agar bisa mendapat capaian bonus insentif tertinggi.

Motivasi yang tinggi dan semangat untuk bisa mendapatkan penghasilan harian yang besar dapat menjadi penyemangat Anda untuk menjadi mitra driver Shopee Food yang sukses. Gaji harian yang Anda dapatkan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan harian Anda.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.
Tinggalkan Balasan