Daftar Gaji Staff Bandara Semua Posisi 2022

Share
Comment 0 reply
Daftar Gaji Staff Bandara Semua Posisi 2022

Pegawai bandara ialah seseorang yang bertugas dalam membantu penumpang untuk memberi layanan sejak sebelum keberangkatan hingga kedatangan. Gaji staff bandara terbilang cukup tinggi, sehingga tidak heran apabila pekerjaan satu ini banyak didambakan oleh berbagai kalangan pencari kerja.

Dengan tanggung jawab yang cukup besar, besaran gaji yang diterima memang seimbang. Jika Anda berniat ingin menjadi staff penerbangan dan penasaran dengan gajinya, Anda dapat menyimak tulisan berikut ini.

Gaji Pokok Staff Penerbangan

Gaji Pokok Staff Penerbangan

Sebelum membicarakan gaji staff bandara, Anda perlu mengetahui tanggung jawab umum ketika bekerja sebagai pegawai penerbangan. Tugas-tugas dasar sebagai pengemban pekerjaan ini adalah sebagai berikut.

  • Memandu penumpang dalam melakukan pemesanan dan pembelian tiket;
  • Mendukung operasional pesawat;
  • Melayani penumpang yang akan melakukan check in;
  • Melakukan penerbitan boarding pass;
  • Melayani penitipan bagasi;
  • Melakukan pemeriksaan paspor dan visa.

Kemudian, gaji pokok akan diterima dengan jumlah yang bervariasi untuk setiap staf. Gaji pokok umumnya berada di kisaran Rp4.000.000 – Rp5.000.000 untuk pegawai dengan kategori junior. Beberapa posisi berikut ini memiliki kisaran gaji berbeda-beda.

NoJabatan KaryawanGaji per Bulan
1Kepala DepartemenRp54.000.000
2ManajerRp32.000.000
3Flight Operation Officer (FOO)Rp20.000.000
4Staff PenerbanganRp19.000.000
5Aviation SecurityRp15.000.000
6Bisnis AnalisRp12.000.000
7Marketing PenerbanganRp10.000.000
8Staff AdministrasiRp9.000.000
9TeknisiRp7.000.000
10Staf Layanan KebersihanRp5.000.000

Gaji Rata-Rata Staff Penerbangan

Gaji Rata-Rata Staff Penerbangan

Selain gaji pokok, terdapat total penghasilan yang dapat dibawa pulang setelah bekerja selama sebulan, sudah termasuk staf yang menerima tunjangan serta uang lembur. Total penghasilan ini berada di kisaran Rp6.000.000 – Rp7.000.000. Untuk rincian tunjangan yang ada, dapat disimak sebagai berikut.

  • Tunjangan transportasi;
  • Uang makan;
  • Tunjangan lisensi dan rating;
  • Tunjangan kesejahteraan keluarga;
  • Tunjangan cuti;
  • Tunjangan hari tua;
  • Insentif produksi;
  • Sumbangan pernikahan, kelahiran, dan kematian.

Tanggung Jawab Staff Penerbangan

Tanggung Jawab Staff Penerbangan

Menjadi seorang pegawai bandara akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan juga menarik. Anda dapat bersua dengan banyak orang dari berbagai kalangan, serta berpindah-pindah dari kota satu ke kota lain bahkan negara lain sesuai jadwal tugas yang ada.

Seorang staff penerbangan adalah pekerja dengan penuh risiko. Terdapat sistem shift atau kerja bergilir, sehingga Anda harus siap bekerja dengan jadwal yang ditentukan dalam kondisi apapun. Selama masa bekerja, tentu Anda harus selalu meningkatkan dan memberi yang terbaik pada perusahaan maskapai.

Kemudian, apa saja bagian-bagian yang dapat diambil sebagai staff bandara?

1. Baggage Handling

Ini adalah bagian yang melayani penitipan bagasi, baik dari proses check in hingga pengambilan kembali ketika maskapai telah sampai di tujuan.

2. Cargo Services

Bagian ini utamanya adalah melayani jasa pengiriman barang (cargo).

3. Loading dan Unloading Pesawat

Posisi ini bertugas dalam aktivitas memuat dan membongkar barang, sebelum dan setelah keberangkatan pesawat.

4. Counter Check In, Boarding, dan Disembarking

Bagian ini bertugas dalam proses konfirmasi serta mencocokkan dokumen-dokumen penumpang sebelum menaiki pesawat. Tugas lainnya dapat disimak sebagai berikut.

  • Memeriksa tanggal penerbangan, validitas tiket, serta rute penerbangan;
  • Merobek flight coupon;
  • Menangani excess baggage;
  • Menangani penumpang go show;
  • Menentukan sheet number para penumpang;
  • Menerbitkan boarding pass;
  • Memeriksa bagasi, menempel label bagasi, serta menimbang bagasi;
  • Memandu penumpang hingga pesawat yang sesuai penerbangannya;
  • Memeriksa kondisi penumpang;
  • Menginformasikan boarding time;
  • Memeriksa kembali apakah penumpang telah berada di dalam pesawat atau belum.

5. Greeting Services

Tugasnya ialah menyambut, memandu, serta membantu penumpang yang memerlukan layanan khusus ketika keberangkatan, kedatangan, serta transit. Umumnya pendampingan khusus diberi untuk penumpang yang sakit atau anak-anak yang tidak didampingi oleh orang tuanya.

6. Ticketing Maskapai / Ticketing Officer

Bagian ini mengemban tugas dalam pelayanan proses penjualan dan pemesanan tiket pada masing-masing maskapai penerbangan. Selain itu, tugas lainnya adalah sebagai berikut.

  • Memastikan dan menandai tiket, serta memberikan boarding pass;
  • Menghitung rencana rute biaya tiket.

7. Transfer Desk

Posisi ini memiliki tugas dalam menuntun penumpang yang hendak melakukan transit atau penerbangan berikutnya. Di samping itu, bagian ini juga akan meng-handle bagasi penumpang yang akan melakukan transit tersebut.

Baca juga: Gaji Pegawai KAI

Faktor yang Mempengaruhi Gaji Staff Bandara

Faktor yang Mempengaruhi Gaji Staff Bandara

Besarnya gaji yang diterima tentu tidak sama rata. Terdapat pula beberapa faktor yang menentukan nominal kisaran gaji yang akan diterima ketika periode penerimaan gaji. Beberapa faktor tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Lokasi Kerja

Seorang staff bandara yang kerap bekerja di bandara internasional umumnya akan mendapatkan nominal gaji lebih besar daripada bandara dengan penerbangan domestik. Selain itu, perbedaan UMK juga mempengaruhi karena tingkatan ekstra dalam bekerjanya juga berbeda.

2. Senioritas

Hal ini mirip dengan posisi atau jabatan. Tanggung jawab akan semakin besar bila posisi Anda lebih tinggi. Karena itu, perusahaan juga tentu akan meningkatkan nominal gaji ketika karyawannya naik jabatan atau kepada mereka yang berada di posisi lebih tinggi.

3. Lama Bekerja

Masa bekerja juga berpengaruh pada nominal gaji staff bandara. Makin lama Anda bekerja di suatu maskapai, maka besar gaji juga akan meningkat. Merupakan hal yang lumrah perihal senioritas yang memang sudah melekat erat di sektor penerbangan.

4. Perusahaan Tempat Bekerja

Selain lokasi, perusahaan pun memengaruhi. Tiap-tiap pekerjaan memiliki standar gaji tersendiri oleh perusahaan dan pihak manajemennya. Maka, gaji di perusahaan satu bisa saja berbeda dengan gaji rata-rata di perusahaan lainnya.

Cara Menjadi Staff Bandara

Cara Menjadi Staff Bandara

Sesudah mengetahui besaran gaji staff di bandara serta banyaknya tugas dan tanggung jawab masing-masing posisi, Anda dapat mencari tahu bagaimana langkah-langkah agar bisa bekerja sebagai pegawai bandara.

1. Membekali Diri di Sekolah Penerbangan

Untuk meraih gaji staff bandara sesuai kenyataan, maka Anda perlu menjadi pekerja di dalamnya. Perlu keahlian khusus sehingga Anda juga wajib membekali diri dengan keterampilan yang sesuai. Caranya ialah mengikuti program pendidikan dan pelatihan di sekolah penerbangan.

Berkas pendaftaran yang harus dilengkapi antara lain adalah sebagai berikut.

  • Pas foto terbaru berwarna, ukuran 4×6;
  • Pas foto seluruh badan, pakaian bebas dan rapi;
  • Surat Keterangan Sehat dari rumah sakit atau puskesmas;
  • Fotocopy transkrip nilai.

Alumni sekolah penerbangan kerap akan ditolong dalam pencarian kerja sebagai staff bandara. Hal ini disebabkan oleh adanya fasilitas layanan bursa kerja di sekolah, sehingga para pelajar akan memperoleh keuntungan, yaitu menerima informasi lowongan dengan mudah.

2. Mengikuti Proses Rekrutmen dan Tahap Seleksi

Cara melamar berikutnya ialah dengan langsung melalui seleksi bila Anda merasa telah sesuai dengan kriteria. Biasanya, lowongan ini tidak selalu buka. PT Angkasa Pura Lantai 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan PT JAS (Gedung Soewarna) ialah yang paling sering mengadakan lowongan.

Anda harus update dan rutin membuka situs resmi mereka lewat internet atau akun-akun media sosial yang ada. Proses seleksi biasanya terdiri dari dua tahap, yaitu psikotes dan wawancara.

Untuk wawancara, barangkali akan memakai bahasa Inggris dalam perkenalan, sehingga Anda harus melatih kemampuan itu sedini mungkin. Psikotes dapat dipelajari melalui beberapa buku latihan soal, seperti Kraepelin, dan tes koran yang isi soalnya tidak jauh berbeda.

Raih impian Anda dalam memperoleh penghasilan sebesar gaji staff bandara dengan persiapan yang matang. Dengan mengikuti sekolah penerbangan, berarti Anda siap untuk mewujudkan mimpi sebagai pegawai penerbangan.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.
Tinggalkan Balasan