Daftar Gaji UMR / UMK Medan Terbaru 2022

Share
Comment 0 reply
Daftar Gaji UMR / UMK Medan Terbaru 2022

Besaran UMR selalu menjadi hal yang menarik untuk disimak. Hampir semua pekerja telah mengetahui tentang UMR. Kebijakan ini berlaku untuk seluruh perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Salah satu contohnya adalah penetapan gaji UMR Medan.

Adanya UMR tersebut, akan membantu perusahaan dalam menentukan skala upah yang tepat. Tentunya perhitungan UMR telah dilakukan berdasarkan riset dan referensi yang akurat. Tujuannya adalah agar para pekerja mendapatkan upah yang layak untuk kehidupannya.

Kondisi Geografis Medan

Kondisi Geografis Medan

Medan merupakan daerah yang masuk dalam administratif Provinsi Sumatera Utara. Luas wilayah medan tercatat sebesar 26.510 hektare atau sekitar 265,10 km². Secara keseluruhan, luasan ini menempati 3.6% dari seluruh wilayah Sumatera Utara.

Apabila dibandingkan dengan wilayah lainnya di Sumatera Utara, maka Medan ini memiliki wilayah yang cukup kecil. Namun jumlah penduduk yang mendiami Medan cukup banyak. Berdasarkan data dari sensus penduduk tahun 2017, didapatkan penduduk Medan adalah 2.210.624 jiwa

Topografi Medan ini lebih cenderung miring ke arah sisi utara, serta terletak pada ketinggian 2,5 hingga 37,5 m diatas permukaan air laut. Secara geografis, Medan berada di 3° 30’ hingga 3° 43’ Lintang Utara serta berada di 98° 35’ hingga 98 ° 44’ pada Bujur Timur.

Hingga saat ini, pemerintahan Kota Medan tersebut dibagi atas beberapa kecamatan hingga desa. Secara administratif Kota Medan memiliki 21 kecamatan, 151 kelurahan, dan juga 0 desa. Untuk batas wilayah Medan dengan daerah lainnya adalah sebagai berikut.

  • Batas Utara dengan Selat Malaka
  • Batas Timur dengan Kabupaten Deli Serdang
  • Batas Selatan dengan Kabupaten Deli Serdang
  • Batas Barat dengan Kabupaten Deli Serdang

Penetapan Gaji UMR Medan

Penetapan Gaji UMR Medan

Pada dasarnya Kota Medan memiliki potensi pengembangan perekonomian yang cukup menjanjikan. Dengan banyaknya sumber daya alam yang dimiliki, Medan secara ekonomi mampu dalam mengembangkan kerjasama ekonomi yang memperkuat daerah sekitarnya.

Laju tingkat perekonomian ini, membawa pengaruh pada tinggi rendahnya upah minimum yang ditetapkan. Hampir setiap tahun terjadi kenaikan UMR. Hal tersebut menunjukkan bahwa perekonomian semakin berkembang. Berikut ini adalah penetapan gaji UMR Medan tahun 2022.

TahunGaji UMR
2017Rp2.528.815
2018Rp2.749.074
2019Rp2.969.824
2020Rp3.222.556
2021Rp3.222.566
2022Rp3.370.645

Penetapan UMR di Kota Medan tersebut, telah disampaikan melalui Surat Keputusan yang diterbitkan oleh Gubernur Sumatera Utara. Surat Keputusan ini mengacu pada Peraturan Pemerintah dengan Nomor 36 Tahun 2021, yang berisi tentang Pengupahan.

Berapa gaji UMR Medan? Besaran UMR tahun 2022 sebesar Rp 3.370.645 tersebut, mengalami kenaikan Rp 148.079 dibandingkan UMR tahun 2021. Atau naik sekitar 4,4% dari nilai UMR tahun sebelumnya. Pada tahun 2022 ini, gaji UMR Medan menempati posisi tertinggi di Provinsi Sumatera Utara.

Perekonomian Kota Medan

Perekonomian Kota Medan

Seperti yang telah disebutkan bahwa Medan jika dilihat dari sisi geografis, didukung dengan adanya daerah-daerah yang memiliki sumber daya alam yang tinggi. Contohnya adalah Labuhan Batu, Deli Serdang, Tapanuli Utara, Simalungun, Tapanuli Selatan, Karo, Binjai, Mandailing Natal, dan lainnya.

Dengan adanya kondisi geografis yang menguntungkan tersebut, maka mampu menjadikan Medan menjadi daerah yang mampu secara ekonomi. Potensi terjadinya kerjasama agar saling menguntungkan dan saling memperkuat, dapat meningkatkan perekonomian Medan.

Dampak yang dapat dirasakan ketika tingkat perekonomian yang semakin maju, yaitu pada besaran UMR. Semakin kuat perekonomiannya, maka akan semakin tinggi tingkat upah. Hal ini dipengaruhi oleh ikut meningkatnya kebutuhan hidup layak sebagai dasar perhitungan UMR.

Pengertian UMR, UMP, dan UMK Medan

Pengertian UMR, UMP, dan UMK Medan

Meskipun sudah sangat sering mendengar istilah UMR, namun mungkin Anda belum memahami apa sebenarnya arti dari kata tersebut. Selain UMR, juga terdapat istilah lainnya seperti UMK dan juga UMP. Apa arti dari masing-masing istilah tersebut?

1. UMR

UMR adalah singkatan dari Upah Minimum Regional. Artinya yaitu sebuah besaran nilai upah yang harus diberikan kepada pekerja dari perusahaan yang berada atau berlokasi dalam wilayah suatu provinsi atau daerah tingkat 1.

Upah minimum ini menjadi standar bagi para pengusaha maupun pihak yang bermain dalam bidang industri, dalam memberikan upah kepada para karyawan di lingkup kerjanya. Penetapan UMR dilakukan oleh Gubernur, kemudian diumumkan ke masyarakat luas.

2. UMP

UMP atau Upah Minimum Provinsi, pada dasarnya sama dengan UMR. Setelah adanya reformasi terkait UMR, maka istilah UMR diganti menjadi UMP. Cakupan yang dimiliki oleh UMP ini meliputi seluruh wilayah yang ada di Provinsi terkait, maupun kabupaten di dalamnya.

Ruang lingkup pemberlakukan UMP ini tidak saja hanya pada tingkat provinsi. Lebih jauh lagi UMP dapat juga dipergunakan sebagai dasar pengupahan, bagi perusahaan yang berada di daerah tingkat 2 atau kabupaten dalam wilayah provinsi tersebut.

3. UMK

Istilah ini merupakan singkatan dari Upah Minimum Kabupaten. Sesuai dengan namanya, UMK ini merupakan batasan minimum dalam memberikan gaji atau upah kepada pekerja. UMK ini berlaku untuk wilayah kota atau kabupaten dalam provinsi yang sama.

Meskipun dalam penetapannya dilakukan oleh Gubernur bersama dengan DPD, namun pada UMK ini tekadnya masih banyak dipengaruhi oleh kekuasaan otonom daerah, serta besaran UMP yang diberlakukan di kota atau kabupaten tersebut.

Baca juga: Gaji UMR Bandung

Spesifikasi Gaji UMR Medan

Spesifikasi Gaji UMR Medan

Tinggi rendahnya nilai UMR di Medan, dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk keperluan fisik dan biaya hidup minimum. Dalam Ketetapan Pemerintah nomor 07 tahun 1990, dinyatakan bahwa besaran gaji UMR ini terbagi menjadi 3 bagian.

1. Gaji Utama

Spesifikasi yang pertama adalah gaji utama, atau memiliki makna yang sama dengan gaji pokok. Gaji utama merupakan besaran nominal yang diberikan oleh perusahaan atas faktor tingkatan maupun jenis profesi dalam perusahaan.

Gaji utama ini, akan berlaku jika telah disetujui oleh pihak perusahaan dan juga pihak karyawan. Nantinya pada saat Anda menerima gaji, maka akan terdiri dari gaji pokok dan tunjangan lainnya sesuai dengan ketentuan.

2. Subsidi Awal

Bentuk dari subsidi yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya, bisa dalam bentuk subsidi awal perusahaan. Pada umumnya subsidi awal ini diberikan kepada karyawan yang telah berkeluarga.

Apa saja bentuk subsidi awal ini? Jenis atau macam  subsidi awal dari perusahaan tersebut adalah subsidi untuk anak dan juga istri, cost transport ketika Anda bekerja di luar perusahaan. Subsidi awal ini akan dibayarkan satu kali dalam satu bulan.

3. Tunjangan Diluar Gaji Pokok

Tunjangan yang diberikan oleh perusahaan diluar gaji pokok, juga menjadi spesifikasi gaji UMR terutama pada gaji UMR Medan. Bentuk dari tunjangan ini, misalnya tunjangan makan pegawai atau untuk menunjang kebutuhan primer lainnya.

Pembayaran tunjangan diluar gaji pokok ini, disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi masing-masing perusahaan. Apabila perusahaan stabil, maka dapat dibayarkan per hari atau juga per minggu. Namun bisa juga dibayarkan per tahun.

Besaran gaji UMR Medan, menjadi nilai upah minimum tertinggi di Provinsi Sumatera Utara. Peningkatan potensi ekonomi, merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi besaran UMR di Medan. Tingkat kenaikan UMR akan disesuaikan dengan kondisi pertumbuhan ekonomi di Medan.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.
Tinggalkan Balasan